SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) Dalam Bisnis Informatika

NAMA : Adventya Christina Manusama

NPM   : 50412286

KELAS : 4IA03

Tugas Softkill ke-3

SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) Dalam Bisnis Informatika

 

Analisis SWOT adalah metode Perencanaan Strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor Internal dan Eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

 

Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :

 

  • Strenght (S)yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.

 

  • Weaknesses(W)yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

 

 

  • Opportunity (O)yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.

 

  • Threats (T)yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

 

Manfaat analisis SWOT:

Analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

 

Tujuan analisis SWOT:

Tujuan analisis SWOT pada perusahaan adalah untuk membenarkan  faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan yang telah dianalisis. Apabila terdapat kesalahan, agar perusahaan itu berjalan dengan baik maka perusahan itu harus mengolah untuk mempertahankan serta memanfaatkan peluang yang ada secara baik begitu juga pihak perusahaan harus mengetahui kelemahan yang dihadapi agar menjadi kekuatan serta mengatasi ancaman menjadi peluang.

 

Analisa SWOT tidak hanya diimplenetasikan pada perusahaan atau bidang bisnis lainnya. Analisa ini juga dapat diimplementasikan pada diri seseorang untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang terdapat pada diri seseorang. disini saya akan mencoba membuat analisa SWOT pada diri saya sendiri, berikut ini tabel analisa SWOT diri saya:

 

 

 

Strength

 

Weaknesses

 

Opportunities

 

Threats

·                     Menjaga kepercayaan

·                     Selalu berusaha

·                     menepati janji

·                     Tidak selalu mengandalkan teman

·                     Sulit berkomunikasi dengan orang yang baru kenal

·                     Sulit mempercayai orang lain

·                     Mudah tersinggung

·                     Senang mempelajari

·                     bidang otomotif.

·                     Selalu penasaran dengan hal yang baru.

·                     Terlalu diam (kurang komunikasi) dengan orang yang lebih tua karena takut akan menyinggung, sehingga dianggap sombong.

 

Sumber :

http://ahmadhanif19.blogspot.co.id/2015/12/tugas-softskill-ke-3-analisa-swot-pada.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s